Kamis, 18 April 2013

Diduga Dalam Kawasan Hutan, PT ESS Masih Beraktifitas


Dolok Sanggul, BPB
            PT Energy Sakti Sentosa yang mendirikan PLTM di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbahas masih melakukan aktifitas. Dari amatan wartawan di lokasi menyebutkan, PT ESS yang diduga masuk kawasan hutan register 71  mendirikan PLTM serta melakukan pengelolaan batu ternyata masih melakukan aktifitasnya.  
Sementara, informasi yang diketahui arealnya berada di kawasan hutan sembari itu ketika diklarifikasi ke Pemkab Humbahas bagian Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kantor Pertambangan dan Energi tidak dapat menjelaskan dasar mengeluarkan izin kepada PT ESS tersebut.
            Anehnya, kedua intansi itu mengeluarkan stetmen kepada bagian kehumasan secretariat Pemkab Humbahas, Osbon Siahaan mengakui itu diluar kawasan hutan atas surat dari planologi. Namun dasar surat itu, tidak dapat dijelaskan dan tidak dapat ditunjukkan oleh kedua intansi tersebut. Malahaan, kedua intansi itu buang badan dengan saling tuding menuding keberadaan surat itu.
            Lebih lanjut lagi, ketika hendak disambangi humasnya PT ESS di Pakkat bermarga Hutabarat, tidak dapat dijumpai. Hanya saja, aktifitas terus berjalan tanpa ada tindakan dari Bupati Humbahas untuk menyetop kegiatan tersebut.
Demikian pula, Bupati Humbahas Maddin Sihombing melalui Kepala Kantor Kesbang Tibum dan Satpol PP MPR Manullang dikonfirmasi mengakui tidak mengetahui PT ESS mendirikan PLTM didalam kawasan hutan dikarenakan belum ada surat ke tangannya tentang akan dilakukan tindakan dihentikan aktifitas PT ESS.  
            “ Saya belum tahu soal itu. Karena surat tentang siapa keberatan dan apa ada persoalan tidak ada ke kita. Tapi saya akan coba konfirmasi ke Dinas Kehutanan kebenaran apa benar itu didalam kawasan hutan. Ya kalau benar tidak perlu ada surat bisa saya lakukan tindakan sendiri demi berjalannya pembangunan di Kabupaten Humbahas ini”, tegas MPR kepada Koran ini via telepon, Kamis (18/4).  
            Disamping itu, Saul Situmorang Sekda Humbahas dikonfirmasi melalui via pesan singkat mengakui berada di Jakarta.” Saya di Jakarta dan saya tidak ada bawa berkas”, katanya membalas sms koran ini melalui via telepon. Demikian juga, Wakil Bupati Humbahas Marganti Simanullang ketika dikonfirmasi via pesan singkat , kepada koran ini diakuinya itu diluar kawasan hutan karena pihaknya sudah meneliti segala hal data-datanya.
Tetapi biarpun demikian, menurut Marganti, ia akan memanggil kedua intansinya itu tentang keberadaan informasi itu diluar kawasan hutan dan juga engganya kedua intansinya memberikan keterangan penjelasan terhadap pers, tegas Marganti yang langsung via telepon menghubungi awak koran ini.gam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar