Selasa, 21 Mei 2013

Sekaitan “Perahu Kecil Lompat ke Perahu Besar


Ketua DPRD Masih Menunggu Bulan Agustus
Dolok Sanggul, BPB
            Sekaitan tentang partai kecil yang tidak masuk dominasi dalam pemilu ini, ternyata banyak yang pindah ke partai besar. Perpindahaan partai besar ini, dominannya para anggota dewan yang masih aktif diusung dari partai kecil.
            Namun, perpindahaan dari partai ke partai lainnya yang kerap sekali namanya di pembicaraan umum disebut lompat pagar belum menuai titik terang. Pasalnya, anggota dewan yang masih aktif sementara partainya tidak masuk nominasi dalam pemilu dan ingin mencalonkan lagi sebagai legislative pindah ke partai besar masih bisa mengambil gaji hingga sampai Bulan Agustus ini.
            “ Sampai saat ini belum ada data mengenai para dewan kita yang secara syah sudah mengundurkan diri. Kita tunggu saja bulan Agustus ini, itukan sesuai keputusan KPU”, kata Ketua DPRD Bangun Silaban diruang kerjanya kepada wartawan, Selasa (21/5).  
            Bangun menambahkan lagi, sekaitan anggota dewannya yang pindah partai ia sama sekali belum mengetahui siapa-siapa saja orangnya. Biarpun diketahuinya, ada yang sudah mendaftar sebagai calon sementara.
Karena, menurut Bangun yang diusung dari Partai Demokrat ini, bisa saja anggota dewannya itu yang pindah ke partai besar mencoba-coba untuk ikut. Namun, akunya, tidak tertutup kemungkinan apabila sudah diketahuinya sesuai keputusan KPU di bulan Agustus ini, maka akan ada tindakan pergeseran.
Sementara itu menyangkut pemilu 2014 mendatang, Bangun Silaban yang masih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Humbang Hasundutan mengakui ada gejolak dalam perolehan suara kedepannya. Diakuinya, sekaitan dua anggota dewannya yakni, Manatar Manullang dan Suwandy Lumban Gaol tidak mencalonkan lagi.
 “ 2014 ini memang ada. Kita tidak pungkiri itu dikarenakan dua anggota dewan kita tidak calon lagi. Seperti Manatar tahun lalu punya suara terbanyak. Namun tidak kita pungkiri calon-calon kita yang baru. Mudah-mudahaan masyarakat masih percaya”, ungkapnya.
Kemudian, Bangun ketika ditanya tentang dirinya berkembang informasi mengalami kegoncangan di basisnya sendiri sehingga terlalu dini melakukan tebar pesona kepada masyarakat di Dolok Margu berupa membuat pesta makanan dan memberikan uang senilai 1 juta, Bangun membantah.
“ Itu tidak ada. Kita hanya melakukan sosialisasi saja sekedar minum teh. Ya wajar”, kilahnya sembari menanyakan kepada wartawan,” Sadia diboto hamu informasi na. Pantang so diboto hamu sude namasa (dari mana kalian tahu. tahu aja kalian semua)”.  
Disisi lain, Ketua KPU Humbang Hasundutan Cosmas Manalu kepada wartawan mengatakan, ada empat orang anggota dewan yang masih aktif yang pindah ke partai besar diakuinya belum ada surat pengunduran diri masing-masing.
Namun hal itu tidak menampik, ianya memberikan ketegasan hingga sampai hari ini 22 Mei bilamana surat pengunduran diri keempat anggota dewan yang diketahuinya akan dicoret dari bacaleg 2014.
“ Itu ada empat anggota dewan yang ikut. Tapi belum ada sampai saat ini surat pengunduran dirinya. Tapi batas waktu sudah kita tentukan sampai besok 22 Mei. Kalau batas waktunya tidak diindahkan akan kita coret bacaleg 2014”, ungkap Cosmas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar