Kamis, 09 Mei 2013

Bupati Salah Merombak Kabinet

Dolok Sanggul, Batak Pos  
            Issu pelantikan kabinet kepimpinan, Bupati Humbang Hasudutan Maddin Sihombing mulai terkuak. Namun, perombakkan kabinetnya itu terkesan tidak tepat sasaran untuk menduduki oknum pejabatnya.
            Issu itu beredar dalam pembicaraan diwarung-warung kopi yang hangat dibicarakan kalangan masyarakat. Dari amatan wartawan menyebutkan, Bupati Humbang Hasundutan Maddin Sihombing disebut-sebut melakukan perombakkan para kabinetnya dimana yang menduduki sedang menghadapi “badai” sehingga tidak dipungkiri dapat diselesaikan.
            Tetapi dalam perombakkan itu, Maddin Sihombing ternyata masih ada tenggang rasa “kasihan” terhadap para kabinetnya yang enggan dilengserkannya. Menurut issu yang berkembang, Maddin Sihombing melengserkan para kabinetnya mulai eselon II dan eselon III. Selain melengserkan, ada kabinetnya yang sudah terisi dipindahkan untuk mengisi kekosongan yang tetap pejabat eselon II.
            Issu yang mau dilantik itu antara lain, Manimbul Silalahi dari staf ahli bidang pembangunan pindah mengisi kekosongan sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Dinas Pendidikan dari Wisler Sianturi digantikan oleh Lamhot Hutasoit yang saat ini pejabat Asisten Adminitrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata dari AP Marbun digantikan oleh MPR Manullang yang saat ini pejabat Kepala Kantor Kesbang dan Tibum.
            Kemudian, AP Marbun dipromosikan ke Badan Penanggulangan Bencana, Rockeffeler Simamora dari staf ahli bidang hukum dan politik dipromosikan ke Asisten Perekonomian dan Pembangunan yang saat ini kosong. Selanjutnya, Maddin Sihombing juga mengisi pejabat eselon III antara lain, Sabar Purba selaku pelaksana tugas Kepala Bagian Umum digantikan oleh Pangarantoan Lumbantoruan yang saat ini pejabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat.
            Radna F Marbun dipromosikan ke Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat yang saat ini masih sebagai Camat Pakkat, Rich J Simamora dipromosikan ke Kepala Kantor Kesbang dan Tibum yang saat ini masih pejabat Camat Dolok Sanggul.
            Sekaitan issu itu, menurut pengamat media yang sering membaca berita-berita tentang daerah Humbahas ini, Firman Lumban Tobing mengemukakan Bupati Humbang Hasundutan disebutkannya tidak proffesional bilamana issu itu akan terjadi.
Menurut Firman, dalam perombakkan para kabinet itu ianya menilai Bupati harusnya mengutamakan yang lebih penting untuk kedepannya siapa-siapa saja yang harus dilengserkan sesuai visi misinya yang kedua periode ini. Tetapi mendengar issu itu, ia menilai Bupati dengan tanda kutip katanya buta akan informasi yang diperoleh sesuai dalam pemberitaan yang ada di media masa.
Selain “buta”, Bupati juga menutup dirinya akan kesalahaan pejabatnya yang tidak mungkin tidak diketahuinya selama ini. ” Tetapi kalau kita lihat sejauh ini sepertinya Maddin Sihombing ada tenggang rasa kasihan terhadap pejabat lainnya. Masa pejabat yang banyak masalahnya tidak ada dilengserkan”, akunya.
Kendatipun demikian, kata Firman lebih lanjut bilamana issu ini benar-benar terjadi diharapkan para pejabat yang duduk menjalankan fungsinya dengan tepat sasaran. Dan kitapun mengakui, tidak ada manusia ini yang tidak sempurna tetapi bilamana manusia ini mau belajar kepada orang lain maka tidak tertutup kemungkinan jabatan yang diembannya itu sesuai yang diinginkan, tegas Firman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar