Kamis, 16 Mei 2013

Pembangunan USB SMP 5 di Lintong Ni Huta Tak Berjalan


Dolok Sanggul, BPB
            Dipertanyakan, pembangunan unit sekolah baru (USB) di SMP 5 Lintong Ni Huta Kabupaten Humbang Hasundutan tak kunjung berjalan. Sementara, seiring ingin berjalannya pembangunan itu ternyata anggarannya sudah nongkrong.
            Kepada wartawan, Kamis (16/5) Sekretaris Komite Pelaksanaan Pembangunan itu Pandapotan Sihombing mengatakan kegiatan untuk membangun USB SMP 5 tidak berjalan hingga sampai saat ini dikarenakan belum ada kebijakan dari pihak Dinas Pendidikan kepada mereka. Ia beralasan, sebelumnya ketua komitenya bersama dengannya akan menerima anggaran untuk pembangunan sekolah tersebut yang sebelumnya terlebih dahulu dibentuk komite pembangunan.
            Namun ditengarai kondisi, ketuanya itu mengalami kondisi kurang sehat hingga akhirnya pergantian ketua.” Inilah kendalanya sampai saat ini Kadis Pendidikan Wisler belum keluarkan rekomendasi dalam pergantian ketua. Padahal, uang sudah nongkrong direkening komite”, sebutnya.
            Lebih lanjut Dapot menjelaskan, seiring pembangunan sekolah itu ia mengakui itu usulan dari tahun 2009 lalu sebelumnya oleh Pensus Sihombing mantan Kadis Pendidikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan terealisasi memasuki TA 2011 lalu yang diketahui oleh Kadis Pendidikan Wisler Sianturi, katanya.
            Setelah mengetahui anggaran itu sudah ditampung, ia bersama masyarakat melakukan pembentukan berupa komite pembangunan dan pelepasan hak tanah. Dan itupun sudah diketahui oleh, Bupati dengan menandatangani mengetahui pelepasan hak tanah diatas material 6000, akunya lagi.
            Tak hanya disitu saja, Dapot juga menerangkan lagi sekaitan anggaran yang sudah nongkrong di rekening komite yang pengirimanya secara bertahap tidak dipungkirinya seperti ada berkolaborasi antara Kadis Pendidikan dengan pihak rekanan yang diketahuinya adik pejabat dinas tersebut agar kegiatan itu dapat dijalankan. Sementara, lanjutnya, dalam kegiatan pembangunan itu ia mengetahui bentuk anggarannya swakelola dikarenakan juklisnya ada samanya.
            “ Mungkin ini ada kolaborasi juga selain tidak mau meneken pergantian ketua, antara Kadis dengan pihak rekanan. Sejauh ini adiknya disebut-sebut yang mengerjakan itu. Sementara peruntuhan anggaran ini sifatnya swakelola sesuai juklisnya ada sama kita”, bebernya.
            Sementara itu, Bupati Humbang Hasundutan Maddin Sihombing melalui Kepala Dinas Pendidikan Wisler Sianturi ketika dikonfirmasi diruang kerjanya tidak dapat ditemui dikarenakan sedang rapat. Ketikaa dihubungi enggan mengangkat sedangkan dikirim via pesan singkat sekaitan terkendalanya pembangunan SMP 5 itu dikarenakan apa sedangkan anggaranya sudah nongkrong, juga tidak dibalas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar