Rabu, 21 November 2012

Keluarga Sibarani Temukan Ubi Singkong Berat 42 Kilo


Dolok Sanggul, Batak Pos
           
            Laurencius Sibarani yang memiliki empat anak (2 perempuan dan 2 laki-laki) warga Desa Sibarani Kecamatan Laguboti Kabupaten Tobasa menemukan satu pokok ubi singkong yang bercabang enam buah dengan berat 42 kilo di belakang rumahnya, Sabtu (17/11) siang.

            Laurencius kepada wartawan, Selasa (20/11) mengatakan penemuan ubi tersebut awalnya ketika ia melihat jalar ubinya yang hanya satu pokok saja sudah mau mengenakkan tembok penahan kolam ikan lelenya.” Dari situlah saya cabut satu pokok ubi itu dan ketika tercabut semua saya heran ubi tersebut yang memiliki enam cabang ubi dua paling besar dan empat lagi dibawah anak-anaknya.

            Persis saya melihat ini seperti keluarga saya. Karena saya memiliki empat anak dan kemudian ketika saya timbang beratnya 42 kilo. Heran benar saya melihat tanaman ini yang hanya satu pokok saja beratnya 42 kilo yang bercabang enam buah hasilnya”, tutur Laurencius.

            Kata Laurencius lagi, ubi yang ditanamnya itu berumur 1,5 tahun tanpa ada pembibitan sama sekali.”ya itu hanya secara cuma-cumanya ditanam karena sembari memelihara lele biar ada sedikit terlindungi sinar matahari saya tanam ubi. Tapi tak kusangka seperti ini buahnya. Lihatlah hasilnya, dua buah cabangnya begitu montok hasilnya selain itu cabangnya lagi ada empat ada berbentuk bulat dan buah ubi seperti biasa,” gelik Laurencius yang ditemanin istri tercintanya boru Sinaga.

            Laurencius selain yang suka bercocok tanaman apalagi memiliki usaha kolam ikan lele yang sering menghasilkan 8 ribu juga bekerja di pemerintahaan di Kabupaten Humbahas. Laurencius dipercayakan oleh Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi memegang jabatan sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang sebelumnya di Kabag Perekonomian secretariat daerah Pemkab Humbahas. Juga Laurencius mantan dari pegawai di Kabupaten Tobasa.gam

Keterangan gambar :  
            Ubi raksasa : Laurencius Sibarani menemukan satu buah pokok ubi dengan berat 42 kilo di belakang halaman rumahnya, Sabtu (17/11) kemarin siang.Batak Pos/Gamaliel Simbolon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar