Senin, 18 Maret 2013

Hari Ini, Timnas EKPPD ke Humbahas


Dolok Sanggul, Batak Pos
            Selasa (19/3), hari ini tim nasional Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah (EKPPD) ke Humbahas. Namun kunjungan timnas ini yang dari beberapa kementerian mulai, Menpan , Bappenas, Mendagri, Kementerian Keuangan, BPKP, BKN, BPS menuai kontropersi.
            Kepada wartawan, Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi memaparkan kedatangan timnas ini dikarenakan Humbahas mendapat tingkat penialain urutan ke 16 dalam memperoleh indeks prestasi untuk LPPD dari 33 Kabupaten/Kota Provinsi Sumut.
            Yang sebelumnya, timnas ke Humbahas sudah memperoleh hasil penilaian tim daerah Provinsi Sumut untuk penentuan mengikuti EKPPD se Indonesia, kata Asisten Pemerintahaan Drs Tony Sihombing didampingi Asisten Adminitrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat Drs Lamhot Hutasoit, Kabag Tapem Drs Makden Sihombing, Kabag Humas Osbon Siahaan, Senin (18/3).
            Dikatakan Tony, kunker timnas ini akan mengevaluasi kinerja dan pelaksanannya dengan metode tes evaluation dari indicator-indikator yang selama ini diperoleh Humbahas dalam mencapai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tanpa syarat. Disamping itu, kunjungan lapangan terhadap pelayanan dasar juga akan dinilai oleh timnas berupa kesehatan, pendidikan , perizinan dan infranstruktur.
            Demikian juga, lanjut Tony, atas kedatangan timnas itu pihaknya sudah mempersiapkan diri bentuk segala yang akan diperlukan dalam mengevaluasi atas apa yang diperoleh Humbahas selama ini.”dalam pencapaian ini kita harapkankan juga bisa masuk dari kategori urutan ke 16 dalam penilaian EKPPD dengan prestasi yang lebih tinggi lagi.
            Dan ini juga kedatangan timnas tidak lepas dari kerjasamanya seluruh stakeholder dari Pemkab, DPRD dan masyarakat”, kata Tony.  Sementara itu, ketika dipertanyakan tentang hasil tim daerah pihak Provinsi Sumut ke timnas bukan ada bentuk dari lobilisasi atau inisiatif Provinsi, Tony bersama tiga rekan kerjanya membantah.
            “ oh itu tidak ada. Penilaian dari hasil tim daerah Provinsi Sumut dasar dari Humbahas yang memiliki indeks prestasi yang lebih bagus diantara 33 Kabupaten/Kota. Dan kedatangan timnas ini bukan hanya sekali saja ke Humbahas untuk mengevaluasi EKPPD dari hasil LPPD dari tahun 2009 juga Humbahas masuk kategori EKPPD”, tegas Tony yang diamini ketiga rekannya itu.
            Sementara itu lagi, Marlan Pasaribu LSM Pengamat Pelayan Masyarakat menilai kedatangan timnas itu tidak tepat sasaran ke Humbahas. Menurut Marlan, Humbahas masih banyak yang harus mendapatkan pembenahaan bentuk dari keprihatinan masyarakatnya sisi sumber perekonomian dan kesehatan.
Selain itu, Humbahas juga memiliki infranstruktur yang sangat tidak bagus untuk dinikmati oleh pengguna jalan serta Humbahas yang pariwisatanya begitu luas dan dapat dinikmati namun tidak berfungsi semaksimal mungkin.
“apanya yang perlu di evaluasi oleh timnas EKPPD. Karena hasil WTP tahun 2011 yang diperoleh Pemkab Humbahas itu juga harus dipertanyakan. Tak sekedar itu, segala adminitrasi di jajaran Pemkab Humbahas masyarakat juga sudah tahu semuanya terkesan amburadul. 
Makanya itu, kita harapkan perlu dikaji ulang oleh bagian timnas EKPPD untuk menilai daerah agar memperoleh indeks terbaik dalam EKPPD se Indonesia”, tegas Marlan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar