Senin, 25 Maret 2013

Humbahas Peroleh 16 Besar EPPD



Provsu Belum Terima Surat Lampiran Dari Mendagri
Dolok Sanggul, Batak Pos
            Benarkah Kabupaten Humbahas peroleh 16 besar untuk indeks terbaik peroleh EPPD se Indonesia. Namun menjadi pertanyaan, Pemerintah Provinsi Sumut yang menguasai 33 Kabupaten/Kota diantaranya Kabupaten Humbahas belum menerima berupa lampiran dari Mendagri atas keberhasilan kabupaten tersebut.
            Kepada awak koran ini, Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho melalui Sekretaris Daerahnya H Nurdin Lubis, Jumat (22/3) mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum mengetahui peringkat kabupaten dan kota diwilayahnya yang sudah ditetapkan oleh Mendagri.
            Kemudian, Nurdin mengakui dalam peringkat indeks terbaik EPPD yang diambil dari LPPD itu kewenangan dari Mendagri. Dan Gubernur, akunya sifatnya hanya berupa pengusulan kabupaten dan kota.
            “ Kita hanya memberi pengusulan saja dan beberapa kabupaten/kota ada diusulkan dan tidak hanya Kabupaten Humbahas saja. Dan pengusulan itu langsung dari Gubernur. Namun untuk menentukan dan menetapkan peringkat, itu Mendagri. Dan kita belum tahu peringkat ke berapa kabupaten/kota”, aku Nurdin via telepon.
            Sebelumnya, Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi melalui Asisten Pemerintahaan Drs Tony Sihombing didampingi Asisten Adminitrasi Umum dan Kesejaterahan Rakyat, Kabag Tapem Drs Makden Sihombing dan Kabag Humas dalam siaran persnya, Humbahas peroleh 16 besar EKPPD se Indonesia. Tetapi ketiga pejabat teras di Humbahas ini, tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut atas surat dari Mendagri berupa nomor suratnya.
Kemudian, Tony mengatakan Humbahas peroleh 16 besar se Indonesia merupakan duta untuk Provinsi Sumut dari 33 Kabupaten dan Kota. Karena Humbahas peroleh LPPD tahun 2011 lalu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tanpa syarat.
Lanjut Tony, biarpun Humbahas peroleh 16 besar itu masih akan diseleksi lagi oleh timnas kementerian untuk masuk ke 10 besar.
Sembari itu, Ketua Timnas Kementerian EKPPD dari Dirjen Otda Nur Wayudi yang berkunjung ke Humbahas baru-baru ini mengatakan, atas keberhasil Humbahas peroleh indeks terbaik yang diterima oleh Kemendagri merupakan atas pengusulan dari Provinsi dan juga penilaian tim daerah tersebut.
Dari keberhasilan itu, lanjut Nur, timnya akan melihat secara langsung berupa adminitrasi data dan juga pemantauan dilapangan. Nur juga sempat melontarkan dalam pemaparannya ke sejumlah SKPD di Humbahas mengatakan, dalam penilaian dilakukan oleh timnya tidak perlu terlalu takut menunjukkan data yang sebenarnya. Dan kalau bisa, menurut Nur, yang bagusnya saja diperlihatkan.
Bahkan Nur juga dengan seloro mengakui pemeriksaan timnya ini bukan seperti pemeriksaan yang lain (tidak diketahui apa maksud tim lain-red).gam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar