Selasa, 30 Oktober 2012

Proyek di UPTD Bina Marga Provinsi Sumut Baru Dikerjakan Sudah Rusak


Dolok Sanggul, Batak Pos
            Sungguh luar biasa, proyek di UPTD Bina Marga Provinsi Sumut yang kantornya di wilayah Kabupaten Humbahas baru dikerjakan sudah rusak. Dari amatan wartawan menyebutkan, proyek yang baru dikerjakan kejadiannya di sungai Aek Sopang Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbahas.
            Proyek tersebut membangun tembok penahan tanah (TPT) atau retaining wall sudah terancam akan jebol. Kepada wartawan, Selasa (30/10) seorang warga mengaminkan kejadian itu dan mengherankan baru dikerjakan sudah retak-retak dan rawan akan jebol.
”itu baru saja dikerjakan sekitar 3 bulan yang lalu dan sudah retak terlihat. Itu dikarenakan kalau dilihat secara kasat mata tembok beton penahannya tak mampu menahan tanah akibat timbunan tidak memakai tulang beton”, ujar P Manalu.
            Sama halnya juga, diakui oleh seorang pemuda setempat Dani (32) yang melihat proyek itu dikerjakan asal-asalan. Katanya, selama pekerjaan itu memang sering mobil dinas UPT Bina Marga milik Provinsi Sumut nongkrong dengan membawa bahan bangunan. Tetapi selama pekerjaan itu berlangsung, Dani maupun warga lainnya tidak mengetahui asal anggaran dari mana dikarenakan tidak ada papan plang proyeknya.
            Melihat itu lagi, Dani kecewa sikap pemerintah setempat tidak juga memberikan kepengawasan yang ketat selama pekerjaan itu selesai dikerjakan. Sementara, katanya, apabila ada hal yang terjadi dalam pekerjaan itu bisa-bisa saja masyarakat yang akan nanti disalahkan karena tidak menjaga pembangunan.
            “sementara pekerjaan itu kita lihat sendiri yang sudah selesai sudah retak dan takut itu akan jebol. Hingga pasti menuai longsor. Karena pekerjaannya menahan tembok tanah sekitar sungai ini. Kalau sudah terjadi , ya warga sekitar sini tidak dapat mandi karena air sungai Aek Sopang jorok. Dan juga tidak dapat memancing lagi. Ini saja banyak warga sudah ketakutan masuk ke areal per sungaian itu, karena bisa-bisa rubuh terkena batuannya”, jelas Dani.
            Sementara itu, Kepala UPTD Bina Marga Provinsi Sumut yang kantornya di Dolok Sanggul wilayah Kabupaten Humbahas Leo Hutabarat yang hendak dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya tidak berhasil.gam  
Keterangan gambar :
            Asal dikerjakan : proyek di Dinas UPTD Bina Marga Provinsi Sumut yang kantornya di Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas baru 3 bulan selesai dikerjakan yang diakui oleh warga sudah tampak retak terlihat di gambar ini. Lokasi proyeknya di Sungai Aek Sopang Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbahas.Batak Pos/Gamaliel Simbolon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar