Rabu, 19 Juni 2013

5 Juli, Monumen Bonpas Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Diresmikan

Keterangan gambar :
            Monumen : terlihat dari gambar ini monument Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan mirip berbentuk mercusuar menuju puncak dan piramida bergambarkan dua sisi. Artinya ujung puncak Bosark Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan sedangkan piramida bergambarkan dua sisi keturunannya yakni Raja Hutagurgur dan Raja Hariara.BPB/Gamaliel Simbolon 

5 Juli, Monumen Bonpas Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Diresmikan
Dolok Sanggul, BPB
            5 Juli mendatang , pomparan Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan boru, bere se-Portibi meresmikan monumennya tepatnya di Desa Tipang Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan. Monumen ini didisain oleh, Ir Froles Sihombing mirip dengan mercusuar menuju puncak dan piramida bergambarkan dua sisi.
Yang artinya puncak itu bergambarkan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan dan gambaran dua sisinya sebagai keturunanya yakni Raja Hutagurgur dan Raja Hariara. Demikian hal itu dikatakan oleh, Nelson Lumban Toruan Wakil Sekretaris Panita Pesta Partangiangan, Pandapotan Sihombing dan Manosor Sihombing yang keduanya bagian kehumasan.
Menurut ketiga panitia ini mengatakan, monumen yang dibuat ini sebagai bangunan yang mempunyai nilai sejarah yang sangat penting. Hingga demikian, agar generasi Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan dapat mengetahui asal usulnya.
            “ Makanya lokasi monumen itu dibuat di Desa Tipang agar pomparan Borsak Sirumonggur mengingat Bona Pasogitnya. “ Arga Do Bona Ni Pinasa Di Angka N Bisuk Marroha, Songon Bangso Israel, Na Sai Tongtong Marningot Bona Pasogitna, kata Nelson diamini Pandapotan berbahasa batak.
Nelson mengungkapkan, sejarah monumen itu yang dibuat di Desa Tipang Kecamatan Bakti Raja asal mulanya atas seminar sehari  yang dilaksanakan di hotel Polonia Medan tepatnya tertanggal 26 November 2011 yang lalu seluruh pomparan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan.
“ setelah melalui itu dilakukan kepengurusan Parsadaan Pomparan Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Boru Dohot Bere Se-Portibi bernomor KPTS.002/PBSS/VI/2012 tertanggal 19 Juni 2012 lalu. Serta penyusunan rangkaian acara dan kegiatan yang disusun dengan baik”, kata Pandapotan.
Sembari lagi, jelas Pandapotan, bahwa tujuan penyelenggaran pesta adalah untuk menyatakan syukur kepada Tuhan atas perkenaannya sehingga monumen bona pasogit Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan diharapkan menjadi tonggak sejarah yang memiliki simbol pemersatu dalam menjalin kesatuan dan persatuan dimanapun berada.
Adapun acara pesta peresmian monumen itu, 5 Juli acara peresmian monumen yang dimulai pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Kemudian, sehari peresmian itu dilanjutkan rapat bolon di Kecamatan Lintong Ni Huta yang dimulai pukul 15.00 sampai 19.00 WIB. Sedangkan untuk tanggal 6 Juli pesta partangiangan ditempatkandi lapangan merdeka baru Lintong Ni Huta yang dimulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB, kata Pandapotan.
   Lanjut Nelson menyambung, pembangunan monumen berbiaya Rp 600 juta sedangkan acara pesta peresmian dan partangiangan hingga keseluruhannya mulai pembangunan menganggarkan dana Rp 1,5 miliar. Itu dana diperoleh dari seluruh pomparan Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan, katanya.
“ Sampai sejauh ini, panitia juga sudah mengundang seluruh pomparan Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan melalui via undangan, via radio maupun iklan di media. Tak lainnya juga, para undangan disisi lain hula-hula Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan marga Simbolon”, aku Nelson diamini Pandapotan dan Manosor.
Didalam undangan itu, dijelaskan Pandapotan yang ditandangani oleh Ketua Umum Panitia Maddin Sihombing yang juga Bupati Humbang Hasundutan mengatakan, marhita on ma pinabotohon tu sude pomparan Ni Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan boru dohot bere na adong di liat portibi on asa marnaeng ni langka hita mandohoti partangiangan bolon i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar